Perkembangan Teknologi saat ini ternyata tidak luput dari pengamatan siswa, keinginan mereka pada berbagai media komunikasi perlu mendapat perhatian semua pihak. Pengenalan computer pada anak usia dini bukan lagi merupakan kebutuhan sekunder. Kurikulum untuk pendidikan inipun telah digagas oleh pemerintah seiring dengan tuntutan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kemampuan menyerap segala informasi terkini secara cerdas diharapkan akan membawa dampak positif bagi para siswa dalam proses adaptasi pada lingkungan dan dunia kerja.
Maka dari itu pihak sekolah telah mempersiapkan mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang akan membantu siswa untuk menghadapi perkembangan teknologi saat ini.
Awal diberlakukannya kurikulum 2004 yang memasukan Teknologi Informatika dan Komunikasi, bangkitlah semangat peserta didik SMP Negeri 35 Padang untuk meningkatkan kopetensinya dalam bidang TIK, maka dengan semangat itu dan dengan dimotivasi oleh Tim Guru TIK dan Kepala Sekolah SMP Negeri 35 Padang dan saat itu, terbentuklah Ekskul TIK, yang kemudian Ekskul TIK ini di beri nama dengn PeTIK (Pecinta Teknologi Informasi dan Komunikas